Selasa, 21 Februari 2023

Menulis Buku Ajar

 




Judul               :               Menulis Buku Ajar

Resume ke      :              19

Gelombang     :              28

Tanggal           :              20 Februari 2023

Tema               :              Menulis Buku Ajar

Narasumber     :             Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd

Moderator       :              Mutmainah                   

 

Kembali lagi malam ini Bu Mutmainah bertindak sebagai moderator pertemuan sesi 19 dengan narasumber Dr Mudafiatun Isriyah,M.Pd, seorang konselor, asesor BAN PAUD dan juga penulis buku.  Karya beliau antara lain Peran Guru dan Orang Tua Sebagai Pusat Sumber Belajar,,Antologi Social Presence Kunci Sukses Distance Learning, Trik Menulis Di Kala Sibuk.  Sedangkan yang diterbitkan oleh penerbit mayor berjudul Praktik Konselor (Pada Faktor-Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Efikasi Akademik Siswa)

Dengan bertemakan Menulis Buku Ajar, nara sumber kita langsung tancap gas.  Beliau membagi materi malam ini yaitu

1. Bahan Ajar  vs  Buku Ajar

Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/dosen dan mahasiswa dalam kegiatan belajar-mengajar. Bahan ajar dapat berupa bahan tertulis atau pun tidak tertulis. Bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak tertulis sehingga dapat tercipta lingkungan dan suasana yang memungkinkan peserta didik untuk belajar.

Bahan Ajar terdiri dari tiga yaitu:

  1. Bahan Ajar Cetak contohnya adalah buku teks, buku referensi, dan monograf.
  2. Bahan Ajar Mandiri contohnya modul, BAJJ, panduan, petunjuk, pedoman, atlas, peta, diagram, poster,      brosur, leaflet, manual
  3. Bahan Ajar non-cetak contohnya internet, web based courses, e-learning, CAI, pembelajaran berbantuan

     komputer, slide, video/TV, audio/radio

Sedangkan Buku Ajar merupakan salah satu bentuk bahan ajar. Buku Ajar adalah buku ilmiah berupa uraian materi pembelajaran yang disusun secara logis dan sistematis dengan bahasa yang lugas, digunakan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran (Pannen & Purwanto, 2001)

2. Pentingnya Buku Ajar dalam pembelajaran

Dengan adanya buku ajar, maka:

  •  Guru lebih banyak waktu untuk memberi bimbingan kepada siswa/mahasiswa
  • Siswa dapat belajar sekalipun tidak ada guru
  • Siswa dapat belajar kapan dan di mana saja
  • Siswa tidak terlalu tergantung pada dosen sebagai salah satu sumber ajar
  • Siswa dapat belajar sesuai dengan kecepatan masing- masing

Pertanyaan selanjutnya adalah mengapa buku ajar ini wajib diwujudkan oleh seorang guru? Jawabannya adalah mengacu kepada trilogi pembelajaran yaitu adanya tujuan, strategi dan penilaian.

Seorang guru memiliki kepentingan untuk memenuhi kebutuhan dalam mengajarnya yaitu dengan menata buku ajar sendiri sesuai mata pelajaran yang kita ampu. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh syarat minimal pembelajaran yaitu guru/dosen, materi dan siswa.

Selain itu keuntungan dari Buku Ajar bagi guru/ dosen adalah dapat digunakan untuk:

·       Promosi dan kenaikan pangkat

·       Mendapatkan insentif

·       Royalti finansial

·       Eksistensi diri

·       Media ekspresi

·       Branding personal dan institusi

·       Penguatan keilmuan

Dilihat dari sudut pandang guru sebagai peneliti dan pembelajar. Dengan pengalaman dan kurikulum dapat dijadikan buku ajar. Guru ketika membuat RPS/Silabus adalah sedang mendesain pembelajaran, yang ternyata itu semua dapat dijadikan sebagai outline buku ajar. Modul atau diktat. Jika dipandang dari seorang guru adalah peneliti, maka akan menghasilkan buku referensi, monograf, artikel ilmiah. Dan semua dapat dijadikan buku.

3. Buku Ajar dan Buku Hasil Penelitian/Hasil Pemikiran

Adapun jenis Buku Ajar yaitu: Buku Ajar, Buku Modul, Diktat, Petunjuk Praktikum, Naskah Tutorial. Sedangkan buku hasil penelitian adalah Buku Referensi dan Monograf.

Mari kita simak perbedaan antara Buku Ajar dan Buku Teks

Buku Ajar

Buku Teks

Ditulis dan dirancang untuk digunakan siswa/mahasiswa

Ditulis terutama   digunakan untuk dosen atau pembaca umum dipasarkan secara luas

Menjelaskan tujuan pembelajaran

Tidak selalu menjelaskan tujuan pembelajaran

Disusun berdasarkan pola belajar yang fleksibel

Disusun secara linier

Strukturnya berdasarkan kompetensi yang akan dicapai

Strukturnya berdasarkan logika bidang ilmu

Ada pemberian kesempatan latihan bagi mahasiswa.

Belum tentu memberikan latihan bagi mahasiswa

Selalu memberikan rangkuman.

Belum tentu ada rangkuman.

Kepadatan berdasarkan kebutuhan mahasiswa

Materi buku teks sangat 

Dikemas untuk digunakan dalam pembelajaran.

Dikemas untuk dijual secara umum.

Mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari mahasiswa.

Tidak ada mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari pemakai.

Mencantumkan petunjuk penggunaan buku ajar.

Tidak memberikan petunjuk cara mempelajarinya.

4. Cara Penulisan Buku Ajar

A.    PENATAAN INFORMASI (compilation text)

Guru/Dosen melakukan kompilasi bahan dari berbagai sumber yang telah beredar di pasaran berdasarkan RPS yang telah disusun.

Langkah-langkah  yang dilakukan adalah:

1)   Kumpulkan seluruh buku, artikel jurnal ilmiah, dan sumber acuan lain yang digunakan dalam mata pelajaran seperti yang tercantum dalam daftar pustaka di RPS.

2) Tentukan bagian-bagian buku, artikel jurnal ilmiah, dan bagian dari sumber acuan lain yang digunakan per Bahan Kajian sesuai dengan RPS.

3)    Fotokopi seluruh bagian dari sumber yang digunakan per Bahan Kajian sesuai dengan RPS.

4)    Pilahlah hasil fotocopy tersebut berdasarkan urutan Bahan Kajian yang sesuai dengan RPS.

5)    Buatlah/tulislah halaman penyekat bahan untuk setiap Bahan Kajian/BAB.

6)    Bahan-bahan yang sudah dilengkapi dengan halaman penyekat untuk setiap Bahan Kajian kemudian dijilid rapi (selanjutnya dicopy untuk dibagi kepada mahasiswa).

7)   Buatlah/tulislah pedoman guru/dosen dan pedoman siswa/mahasiswa untuk mendampingi bahan yang sudah dikompilasi tersebut.

B.    PENGEMASAN KEMBALI (information repackaging)

Guru/Dosen melakukan pengemasan kembali dari sumber-sumber yang telah ada disesuaikan dengan kebutuhan kompetensi yang ingin dicapai dalah RPS

Informasi yang sudah ada di pasaran dikumpulkan berdasarkan kebutuhan (RPS + RTM) Informasi tersebut disusun kembali/ditulis ulang dengan gaya bahasa dan strategi yang sesuai untuk menjadi buku ajar (digubah), kemudian ditambahkan:

1)     Kemampuan/kompetensi yang akan dicapai.

2)     Petunjuk belajar bagi mahasiswa.

3)     Latihan.

4)     Ringkasan.

5)     Umpan balik.

6)     Evaluasi formatif.

C.    MENULIS SENDIRI (starting from scratch)

Guru/Dosen menulis sendiri berdasarkan kepakarannya berdasarkan RPS mata kuliah yang diampu

1)     Guru merupakan pakar dalam bidangnya (menguasai bidang ilmu).

2)     Guru mempunyai kemampuan menulis.

3)     Guru memahami kebutuhan mahasiswa dalam bidang ilmu yang dibinanya.

4)     Guru memiliki kemampuan mendesain pembelajaran

5. Prinsip-prinsip Pemilihan Materi Buku Ajar

A.    PRINSIP RELEVANSI

Materi pembelajaran hendaknya ada hubungannya dan memberikan kontribusi bagi upaya pencapaian capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Misalnya, jika kemampuan yang diharapkan dikuasai mahasiswa berupa menghafal fakta, maka materi pembelajaran yang diajarkan harus berupa fakta.

B.    PRINSIP KONSISTENSI/KEAJEGAN

Materi pembelajaran harus konsisten dengan kemampuan akhir yang ingin dicapai, baik dari segi jumlah materi maupun dari taksonominya. Jika kemampuan akhir yang harus dikuasai mahasiswa empat macam, maka materi buku ajar yang harus dikembangkan juga harus meliputi empat macam

C.    PRINSIP KECUKUPAN

Materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu mahasiswa menguasai kemampuan akhir yang diharapkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Sebaliknya, jika terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga yang tidak perlu untuk mempelajarinya.

Sistematika Buku Ajar

BAB 1 Pendahuluan

·       Penyajian

·       Penutup

·       Daftar Pustaka

·       Senarai (glossary)

·       Tinjauan Mata Pelajaran : Prakata 

o   ֍ Petunjuk Penggunaan Buku Ajar bagi Mahasiswa

o   ֍ Identitas Mata Kuliah

o   ֍ Deskripsi Singkat Isi Buku Ajar

o   ֍ Kegunaan Mata Kuliah bagi Mahasiswa

o   ֍ Capaian Pembelajaran Mata kuliah

2. BAB I

·       Kemampuan Akhir

·       Indikator

·       Pendahuluan, terdiri dari:

o   ֍ Deskripsi singkat berupa gambaran umum tentang cakupan bab tersebut. 

o   ֍ Relevansi antara bab tersebut dengan pengalaman yang telah dimiliki mahasiswa atau manfaat bagi mahasiswa.

·       Penyajian:    

·       ֍ Uraian atau penjelasan materi (sesuai dengan jenis materi) dan diikuti dengan contoh-contoh.

·       ֍ Ilustrasi yang sesuai dengan uraian materi.

·       ֍ Tugas dan Latihan yang dilakukan mahasiswa setelah membaca uraian materi.

·       ֍ Rangkuman/ringkasan dari konsep atau prinsip yang dibahas.

Penutup, terdiri dari:  

֍ Penilaian, konsisten dengan rumusan indikator dan Kemampuan       Akhir.

֍ Umpan balik, untuk dapat menilai sendiri hasil belajarnya (kunci jawaban tes).

֍ Tindak lanjut.

DAFTAR PUSTAKA

SENARAI, berupa daftar istilah teknis yang dianggap penting dan perlu dijelaskan.

DAFTAR INDEX (jika diperlukan).


Malam ini benar-benar kita belajar sangat serius, tentang bagaimana menulis buku ajar dari praktisinya langsung.  Walau pun terasa berat bobotnya namun enak diikutinya. Dan dari sesi tanya jawab tampak sekali narasumber sangat menguasai isi materi sehingga mudah dan gamblang menjawab pertanyaan yang sangat bagus dan juga berbobot.

Berikut ini adalah closing statement nara sumber. Baik, guru merupakan sosok yang akan ditiru, guru sebagai model yang akan menjadi figur, daya pandang siswa tak terukur karena melihat sosok guru idaman. Torehan guru menjadi prasasti bagi siswa, maka lantas guru mau seenaknya tanpa harus menjawab kebutuhan siswa yang sesungguhnya? Sungguh tidak manusiawi jika seorang tidak merancang pembelajaran yang sesuai kebutuhan siswa. Oleh karena itu marilah kita menjadi seorang guru yang memiliki komitmen untuk menghargai diri sendiri sebagai seorang yang sangat ditunggu siswa. Jadilah guru yang kreatif, desainlah pembelajaran yang menarik, buatlah buku ini sebagai hasil karya guru yang ditunggu.

 

1 komentar:

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan

Dari Penulis Menjadi Penerbit

  Judul                 :     Usaha Penerbitan Buku Resume ke       :      30 Gelombang       :      28 Tanggal            :      17 M...