Rabu, 25 Januari 2023

Menulis Di Blog Itu Banyak Plus- Plusnya

 


Judul                 :      Menulis Di Blog Itu Banyak Plus- Plusnya

Resume ke        :      8

Gelombang       :      28

Tanggal             :      25 Januari 2023

Tema                 :      Mengatasi Writer’s Block

Narasumber      :      Drs. Dedi Dwitagama, M.Si

Moderator         :      Sigid PN, SH

 

Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh, Shalom, Om Swastiastu, Namo Budaya, Salam Kebajikan. Rahayu. Selamat Sejahtera bagi kita semua.

Ada yang berbeda dengan pertemuan KMBN angkatan 28 sesi 8 ini.  Jika biasanya hadir melalui WA Grup sekarang menyapa melalui zoom.  Pemateri kali ini adalah seorang yang mempunyai atribut luar biasa panjang, antara lain Learning, Training, Motivating, Inspiring, Empowering People. Sementara prestasinya antara lain Juara 1 Guraru Award-Guru Era Baru Award Indonesia Acer, Jakarta. Untuk lebih mengenal lebih dekat silakan klik https://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com , http://dedidwitagama.wordpress.com , atau kontak beliau di nomor 08128534836. 



Mengawali sesi kali ini, Dr. Dedi meminta peserta untuk mencari profil beliau di google.  Awalnya saya berpikir kenapa sih tidak menyebutkan saja di sesi perkenalan saja, atau tampilkan saja di paparan. Tetapi ternyata kegiatan ini punya tujuan. Beliau lalu memberi ilustrasi singkat tapi mengena.

Berdasarkan pengalaman beliau ketika tokoh  yang punya gelar doktor bahkan profesor, namun ketika kita cari di mesin pencarian (googling) ternyata tidak ada satu jejak digital dari tokoh tersebut.  Beliau membandingkan dengan mudahnya kita ketika mencari kata kunci sendal jepit di googling.  Jeder, ternyata tembakan narasumber ini kena di sasaran tembaknya.  Beliau berhasil membuka lagi pengingnya menulis di blog. Terserah mau di domain blog apa saja. Mau berbayar atau yang gratis. Tetapi beliau berpendapat lebih baik ke wordpress, dengan pertimbangan menghindari jika domain yang kita pakai ternyata bangkrut atau tutup.

Menulis di blog mempunyai keuntungan yaitu mudah diakses dari laptop bahkan HP, waktunya  bebas kapan saja, tidak terikat dengan ruang dan waktu. Bandingkan dengan buku yang harus dibawa apalagi kalau bukunya tebal, bahkan kadang tidak laku dan masih terbungkus rapi di toko buku.  

Dari ilustrasi tersebut, Pak Dedi mendorong peserta untuk aktif dan produktif di blog.  Tidak peduli topiknya apa saja dan tidak harus panjang-panjang.  Topik tidak harus up to date karena bisa jadi suatu saat topik yang kita tulis menjadi trending.  Hemmm, ini kembali menyuntik peserta pemula seperti saya untuk kembali bergelut menulis di blog.  Beliau menambahkan suplemen menulis dengan memberikan sebuah hadist Nabi Muhammad  SAW yaitu sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya.

Bagaimana untuk bisa produktif menulis di blog, beliau sarankan adalah ikut komunitas dan fokus. Dan tidak salah ketika kita masuk ke komunitas KBMN ini.



Sesuai saran beliau, maka ambil intisarinya tidak perlu panjang, namun yang penting di publish. Di akhir sesi yang mundur sampai pukul 21.40 WIB, terpilih dua penanya yang beruntung mendapatkan kaos n yitu Ibu Sri Rejeki  Kiki dari Sedayu Jogjakarta dan uang tunai yaitu Ibu  Rinrin dan Bandung.

Kesan sesi kali ini sangat menarik, penyajian santia tapi mengena, lebih interaktif dibanding WA, dan tentu lebih hidup suasananya.  Terima kasih untuk Dr Dedi Dwitagama, M. Si dan Pak Sigid PN yang telah membawakan sesi ini menjadi lebih menarik.

Tabik

 

 

 


11 komentar:

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan

Dari Penulis Menjadi Penerbit

  Judul                 :     Usaha Penerbitan Buku Resume ke       :      30 Gelombang       :      28 Tanggal            :      17 M...