Kamis, 16 Maret 2023

Optimalkan Blog Sebagai Dokumentasi Refleksi Diri Siswa



Judul                 :    Optimalkan Blog Sebagai Dokumentasi Refleksi Diri Siswa

Resume ke       :    29

Gelombang       :    28

Tanggal            :    15 Maret 2023

Tema               :    Blog Sebagai Media Dokumentasi Refleksi Diri Siswa

Narasumber     :    Bambang Purwanto, S. Kom. Gr

Moderator        :    Gina Dwi Septiani, S. Pd, M. Pd

 

Sesi ke 29 dari 30 dalam Kelas Belajar Menulis Nusantara Angkatan 28  sesaat lagi akan dimulai. Tetapi mendadak ada tamu yang harus ditemui karena memang sangat penting maksud dan kedatangan.   Beliau adalah pak RW yang meminta saran dan pendapatnya akibat di lingkungan RW kami mulai terjadi peningkatan tindak kriminal seperti pencurian sepeda motor, celana jeans dan terakhir beberapa pasang sepatu.  Berdasarkan pemantauan CCTV yang ada di warga, para pencuri melakukan aksinya saat hujan gerimis pada malam hari.  Mereka melakukan pencurian dengan cara melompat pagar.  Tampak dalam CCTV mereka berjumlah tiga orang dengan wajah yang asing bagi warga kompleks perumahan kami.

Diskusi panjang menyebabkan saya tertinggal jauh ketika akan membuat resume. Kata istri, koq tumben Mas tidak menulis pada tengah malam.  Memang saya kalau tidak sempat menulis resume, biasanya pukul 03.00 saya bangun dan membuat resume. Namun kali ini saya sangat kelelahan sehingga saya tidak sempat melakukan.

Materi malam ini dibawakan oleh Pak Bambang Purwanto seorang guru di SMP Taruna Bakti Bandung yang dikenal juga Mr.Bams dengan blog pribadinya https://penamrbams.id dengan taglinenya Gur Serba Mau. Sedangkan moderatornya adalah Bu Gina Dwi Septiani, S. Pd, M. Pd. Blog yang dikelola Mr. Bams sudah mendapat google adsense. Namun belum memenuhi persyaratan yaitu sebesar RP1.300.000,00 untuk bisa dicairkan.

Penampilan Blog Mr.Bam's


Pak Bambang memberikan alasan mengapa menggunakan domainnya memakai .id yaitu:

1.     Menunjukkan identitas digital (nasionalisme)

2.     Menunjukkan sebagai guru yang beradaptasi dengan era digital

3.     Pertanggungjawaban dana sertifikasi yang diberikan negara

4.     Tempat menyimpan dan menyalurkan hobi menulis apapun

Memang dengan menggunakan domain .id mempunyai keuntungan yaitu terlihat lebih profesional.  Di balik itu ada kelemahannya yaitu harganya yang cukup tinggi dan  sangat birokratis ketika akan memilikinya.

Mr. Bams memanfaatkan blognya sebagai sarana belajar bersama dengan muridnya.  Dengan memberikan contoh ketika siswanya membuka blognya lalu mengklik kata informatika, maka siswa akan diarahkan untuk masuk ke kelas pembelajaran informatika. Siswa tinggal memilih kelas yang sesuai dengan kelasnya.  Misalnya ketika siswa mengklik 7A, maka ia akan masuk ke materi yang ada di kelas 7A.  Setelah menutup materi, maka 5 – 10 sebelumnya Pak Bambang meminta siswa untuk menuliskan refleksinya.  Hal tersebut bertujuan untuk mendorong muridnya mengeluarkan pendapatnya, mengekspresikan perasaannya, sehingga dapat menjadi masukkan bagi guru. 

Menurut Mr. Bams ketika murid masuk ke link refleksi, mereka akan menjawab beberapa pertanyaan. Pertanyaan yang harus dijawab murid antara lain: Tuliskan dalam bentuk paragraf! Apa yang dipelajari hari ini? Silahkan dijelaskan. Materi apa yang masih menjadi kesulitan bagi kalian (harus dijelaskan kembali)? Bagaimana perasaan kamu saat belajar bersama Mr. Bams? Adakah masukan untuk Mr. saat pembelajaran hari ini? Kalau ada jelaskan. Mohon jelaskan dengan kalimat lengkap tidak dalam bentuk jawaban sebuah pertanyaan.

Contoh: Hari ini saya ulangan bab 1. Sebelum ulangan Mr. Bams menjelaskan tujuan ulangan tidak hanya mendapatkan nilai, akan tetapi melatih kejujuran dan kepercayaan diri. Hari ini perasaan saya sangat senang belajar Mr. Bams karena sebelum dan selama ulangan berjalan dengan lancar. Masukannya kalau bisa ulangannya tidak esai semua.

Jawaban ini masuk ke google spreadsheet yang kemudian diolah dengan memakai excel.  Nah setiap siswa yang mengirimkan refleksi akan memperoleh poin 10. Setiap minggu poin  itu diakumulasikan. Kemudian hasilnya dikonversi dulu ke word yang kemudian akan diposting di website.

Contoh refleksi yang positif seperti berikut ini: Pada hari ini, kita mempelajari materi tentang Pengertian Masyarakat Digital pada halaman 142-143 dan setelahnya kita menonton sebuah video tentang Cloud Storage di Youtube dan juga mengirim link video-nya di kolom komentar di Pena Mr. Bams. Hari ini pula saya merasa senang karena semuanya lancar tidak ada suatu kendala, hari ini tidak ada masukan dari saya dan semoga hari-hari kita semua dilancarkan oleh Tuhan Yang Maha Esa. ・゚Terima Kasih・゚ ^•ﻌ•^

Dalam refleksi tersebut kita dapat memperoleh informasi yaitu:

1. Materi yang dipelajari

2. Aktivitas yang dilakukan apa saja

3. Perasaan yang dirasakan oleh murid

4. Karakter yang spiritual untuk mengingat Tuhan YME

Dengan menulis di blog, siswa belajar mengorganisir pikiran mereka, merenungkan pengalaman dan
mempertimbangkan pandangan orang lain. Selain itu, blog dapat membantu siswa untuk membangun keterampilan sosial dan memperluas jaringan mereka. Mereka dapat berinteraksi dengan sesama teman dan pembaca lainnya dan memperoleh wawasan dari sudut pandang yang berbeda.

Dengan umpan balik secara teratur guru membimbing siswa dalam mengembangkan kemampuan menulis dan refleksi diri mereka. Dengan demikian, blog dapat menjadi alat yang efektif dalam membantu siswa mengembangkan kemampuan menulis dan refleksi diri mereka serta memperluas
pengetahuan mereka tentang dunia.

Satu hal lagi, guru tidak boleh sensi atau baper ketika membaca refleksi dari siswa yang memberikan kritik dan saran. Karena dengan mempunyai pikiran terbuka justeru memberikan kesempatan untuk berdialog dengan siswa sehingga keterampilan anak dan guru semakin terasah dengan optimal. Berprinsiplah kritik tidak membuatmu jatuh, tetapi menambah kokoh dan tegak berdiri. 



Dampak dari pemanfaatan blog/web untuk pembelajaran adalah jejak digital kita akan semakin banyak. Sebagai penutup Mr. Bams memberikan pesan mendalam yaitu:  

Ajaklah murid kita menulis, hubungkan dengan mata pelajaran yang kita ampu

Moderator pun menuliskan quote yang memotivasi kita yaitu "Jika kamu ingin mengenal dunia, membacalah. Jika kamu ingin dikenal dunia,menulislah."(Armin Martajasa)”

Tak lupa tips dari Pak Mario Teduh : “Tulis dengan riang gembira, silakan menulis dengan apa yang dirasakan dipikirkan, tuliskan untuk kebaikan generasi kita dan semoga tulisanya selalu bermanfaat. Yang demikian itu sangat super seterusnya bukan hanya super sekali”

Melihat praktik baik yang dilakukan oleh Mr Bams dengan blognya, maka rasanya kita perlu juga membuka diri untuk tidak malu mengikuti jejak Mr. Bams.  Tentu dengan disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik kita yang beragam tingkat ekonominya.

Terima kasih berbaginya Mr. Bams, terus menginspirasi bagi sesama. Salam

 


1 komentar:

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan

Dari Penulis Menjadi Penerbit

  Judul                 :     Usaha Penerbitan Buku Resume ke       :      30 Gelombang       :      28 Tanggal            :      17 M...