Sabtu, 11 Maret 2023

Pikat Pembacamu Dengan Cover Bukumu

 


Judul                 :   Pikat Pembacamu Dengan Cover Buku

Resume ke       :   27

Gelombang       :  28

Tanggal          :     10 Maret 2023

Tema           :    Membuat Desain Cover Buku yang Menarik

Narasumber     :     Fajar Tri Laksono, M.Pd

Moderator        :    Lely Suryani, S. PD. SD

´Don’t Judge A Book By Its Cover”

Sebuah idiom yang sering kita dengar ketika kita akan menilai seseorang. Cover buku atau sampul buku yang bagus belum tentu mencerminkan isi bukunya. Demikian juga sebaliknya sampul buku yang biasa saja belum tentu isinya tidak bagus. Dari idiom inilah kita, kita sebagai penulis menyadari pentingnya sebuah sampul buku yang menarik.

Menyadari pentingnya sampul buku, maka materi dalam sesi ke 27 ini membedah hal ihwal sampul buku.  Dengan media zoom, materi dimoderatori oleh Bu Lely Suryani serta Pak Fajar Tri Laksono sebagai narasumbernya, materi malam ini adalah Membuat Desain Cover Buku yang Menarik.

Seperti layaknya perjumpaan pertama, narasumber memperkenalkan diri.  Pak Fajar adalah seorang guru di SD Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo Jawa Timur. Sederet prestasi beliau sampaikan sejak tahun 2016 sampai 2021 dalam berbagai ajang perlombaan antara lain Inovasi Pembelajaran, Presenter Seminar nasional, serta Tutor Pendidikan Kesetaraan.  Berkat menjuarai ajang Inovasi Pembelajaran, beliau bersama para juara guru prestasi nasional berangkat ke negeri Belanda. Sebuah unggahan prestasi yang ditujukan untuk memberi motivasi khususnya kepada guru non PNS dan umumnya kepada seluruh peserta malam ini.

Apakah sampul buku itu?  Sampul buku adalah pelindung bagian dari isi buku yang berupa lembaran kertas, dan fungsi utamanya yaitu untuk mengikat lembaran-lembaran kertas yang terdapat pada sebuah buku agar tidak mudah lepas. Adapun bahannya terdiri dari hardcover dan softcover atau paperback.

Sampul buku terdiri dari halaman depan, punggung buku dan halaman belakang. Halaman depan terdapat judul buku, nama penulis/penyusun, nama penerbit, gambar, dan biasanya terdapat juga endorsement, tagline, pointer, logo, dll.  Pada punggung buku  terdapat judul buku, nama penulis dan nama penerbit.  Sedangkan sampul belakang berisikan diisi dengan nomor ISBN dan barcode, endorsement, sinopsis, keautoritatifan penulis/penyusun, dll.

Fungsi sampul buku adalah untuk: 

1.    Identitas penulis dan penerbit

2.    Agar menarik ketika dipajang

3.    Sarana promosi

4.    Melindungi isi buku agar tidak cepat rusak atau tercecer.

Sebagai penulis kita bisa membuat sendiri desain sampul buku kita. Namun hal ini bukan keterampilan mutlak yang harus dikuasai oleh seorang penulis. Kita bisa meminta peran seorang desain grafis untuk merancang sampul buku kita. Penulis hanya mengirimkan deskripsi sampul yang dikehendaki kepada desainer tersebut.  Desainer yang baik pasti akan mengirimkan kembali kepada penulis, apakah hasil karyanya sudah sesuai dengan keinginan sang penulis. Jika sudah sesuai, maka jadilah sampul buku yang akan naik cetak.

Namun jika penulis mampu membuat rancangan sampul buku sendiri, hasilnya tentu akan lebih mendalam sesuai dengan rasa dan pesan yang hendak disampaikan penulis.  Adapun aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat sampul buku adalah adobe photoshop, canva, corel draw, inkscape dan GIMP, bahkan power point pun bisa. Diperlukan kepercayaan diri dalam mendesain sampul buku. Pak Fajar kemudian memberikan quote inspiratifnya yaitu:

Sebaik-baik karya tidak semua orang suka, sejelek-jelek karya  masih ada yang suka. Oleh karena itu tetaplah berkarya. Percaya diri itu penting

Dalam mendesain sampul buku, kita dapat menggunakan gambar yang ada di internet, akan tetapi jangan bermasalah dengan hak cipta. Karena setiap gambar itu kemungkinan ada hak ciptanya. Perlu juga diketahui bahwa ada beberapa hasil dari aplikasi yang tidak memiliki commercial use. Pengetahuan dasar ini hendaknya menjadi pertimbangan besar kita ketika menyusun desain sampul buku.

Lalu apa saja yang harus kita perhatikan dalam menyusun desain sampul buku?  Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan ketika menyusun desain sampul buku.

1.     Sesuaikan dengan genre buku

Sangat penting mengetahui genre buku yang hendak diberi sampul.  Jangan sampai buku yang mempunyai genre fiksi dibuat sampul untuk fiksi. Demikian juga sebaliknya genre fiksi diberikan desain sampul untuk nonfiksi.

2.     Tentukan gambar yang tepat

Gambar ini juga penting untuk menarik pembaca membeli buku karya kita.  Gunakan gambar yang sesuai genre buku. Pastikan tidak melanggar hak cipta.

3.     Gunakan jenis font yang menarik

Pilihlah font yang menarik.  Pilihan font itu terdapat yang gratis maupun yang berbayar.  Hal pokok yang harus diperhatikan adalah mudah dibaca.

4.     Tentukan komposisi warna dan gambar

Komposisi ini penting karena jangan sampai  warna dan gambar menutupi identitas buku dan penulis.  

5.     Gunakan warna yang menarik

Warna – warna yang menarik sangat disarankan. Sesuaikan dengan genre dan pesan yang hendak disampaikan.

6.     Pilihlah bahan sampul sesuai karakter pasar yang hendak dituju

Jika memilih sampul hardcover, maka harga buku akan semakin mahal. Hal ini perlu menjadi pertimbangan dalam menentukan bahan sampul buku kita.  Karena segmen pasar pembeli buku sangat beragam.

Demikian resume malam ini, semoga bisa menambah wawasan bagi kita semua. Terima kasih kepada Pak Fajar dan Bu Lely atas penyajian materi malam ini.

        

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan

Dari Penulis Menjadi Penerbit

  Judul                 :     Usaha Penerbitan Buku Resume ke       :      30 Gelombang       :      28 Tanggal            :      17 M...