Selasa, 28 Februari 2023

Tutorial Menulis di Majalah Suara Guru


 

Judul               :           Tutorial Menulis di Majalah Suara Guru

Resume ke      :         22

Gelombang     :          28

Tanggal           :         27 Februari 2023

Tema               :          Mengirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru

Narasumber     :         Catur    Nurrochman Oktavian, M.Pd

Moderator       :         Sim  Chung Wei, S.P          

 

Kelas Belajar Menulis Nusantara angkatan 28 malam ini memasuki sesi pertemuan yang ke- 22. Dengan menggunakan aplikasi zoom, sesi malam ini dipandu oleh Pak Sim Bhung Wei, S.P yang akrab disapa Koko Sim dan narasumber kita yaitu Pak Catur Nurrochman Oktavian, M.Pd seorang redaktur pelaksana Majalah Suara Guru. Dengan diikuti kurang lebih 69 peserta, zoom berjalan lancar. Tentu dapat dipahami keterbatasan peserta lain yang tidak dapat hadir secara full di ruang pertemuan ini karena kendala infrastruktur atau jaringan komunikasi di wilayah masing-masing.

Pak Catur membuka materi dengan mengajukan pertanyaan kepada peserta apakah sudah pernah membaca Majalah Suara Guru.  Dan Jawaban peserta zoom pun beragam, ada yang sudah ada yang belum.   Beliau malam ini menyampaikan materi tentang Mengirim Tulisan ke Majalah Suara Guru.  Selanjutnya beliau menjelaskan sejarah singkat Majalah Suara Guru.  Majalah yang diterbitkan oleh PB PGRI ini lahir sekitar tahun 1950-an. Pada awal terbitannya majalah ini berisi sebagai media komunikasi sekaligus perjuangan para guru. Namun seiring perkembangan zaman majalah inipun menyesuaikan diri.

Kini majalah yang terbit setiap dua bulan sekali dengan tebal 76 halaman dan cetakan glossy seharga Rp25.000,00 per eksemplarnya berisi Suara Utama, Opini, Organisasi, Edutainment, Oase, Percik, Inspiratif, Sekolah, Bahasa, Sastra, dan Destinasi. Semua guru dapat mengirimkan naskah untuk diterbitkan, artinya guru dari semua jenjang pendidikan  PAUD/TK sampai perguruan tinggi, baik itu   negeri maupun swasta, bahkan guru pesantren sekalipun. Dahulu sempat hadir melalui suaraguruonline.com, tetapi kini Majalah Suara Guru hanya melayani terbitan atau cetakan.

Adapun naskah yang dapat diterima dan layak cetak harus memenuhi persyaratan antara lain karya asli alias bukan plagiat, isinya faktual dan aktual,  menggunakan bahasa yang komunikatif sehingga enak dibaca, tidak berbau SARA. Panjang naskah disesuaikan dengan topik yang hendak ditulis. Jumlah kata berada di antara rentang 400- 700 kata. Dengan ketentuan penulisan naskah yaitu spasi 1,5 ukuran font 12, menyebutkan status dan foto.

Dalam topik best practice, naskah panjangnya maksimal 500 kata, dengan gaya penulisan naratif deskriptif.  Adapun pengiriman naskah adalahdikirim ke email dengan alamat majalah.suaraguru@gmail.com.

Salah satu keuntungan ketika naskah diterbitkan di Majalah Suara Guru adalah mendapatkan poin yang dapat digunakan untuk persyaratan kenaikan pangkat. Opini, gagasan atau idenya dapat dibaca oleh kalangan guru se-Indonesia. Walaupun kadang terkendala dengan ongkos kirim bagi pemesan yang ada di luar Jawa. Karena ternyata ongkos kirimnya lebih besar daripada harga majalahnya. 

Untuk menghadapi kendala tersebut di atas, saran narasumber adalah pembelian dapat dilakukan secara kolektif melalui pengurus cabang PGRI sehingga ongkos kirimnya dapat ditekan.  Jika ingin berlangganan atau memesan, dapat menghubungi Mbak Widya di nomor 087882289299 atau Mas Tyas di nomor 085814213473.

Waktu sudah lebih dari pukul 21.09, maka Pak Catur menyampaikan closing statementnya yaitu guru-guru diharapkan agar rajin membaca dan bukan hanya menulis agar pengetahuan dan literasinya berkembang.

 

 


10 komentar:

  1. Balasan
    1. Terima kasih Ustadz Damar ...masih harus banyak belajar

      Hapus
  2. Rapi dan terstruktur banget tulisannya, mantabbb

    BalasHapus
  3. Mantabs.. dikemas dengan Bahasa yang lugas dan mudah dipahami,. Salam literasi,. Mayor Nani

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Bu Mayor Nani masih minim pengalaman menulis. Salam

      Hapus

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan

Dari Penulis Menjadi Penerbit

  Judul                 :     Usaha Penerbitan Buku Resume ke       :      30 Gelombang       :      28 Tanggal            :      17 M...