Rabu, 18 Januari 2023

Bisakah Blog Sebagai Media Pembelajaran?

 



Judul                 :      Menulis Dengan Gairah 

Resume ke        :      5

Gelombang       :      28

Tanggal             :      18 Januari 2023

Tema                 :      Blog Sebagai Media Pembelajaran

Narasumber      :      Dail Ma’ruf, M. Pd

Moderator         :      Purbaniasita KS, S. Pd

 

Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh, Shalom, Om Swastiastu, Namo Budaya, Salam Kebajikan. Rahayu. Selamat Sejahtera bagi kita semua.

Mendengar kata media pembelajaran baru, bagi seorang guru seperti mendengar alunan musik bertempo Allegro yaitu cepat, hidup, dan riang. Mengapa demikian, karena seorang guru akan bertambah semangat lagi dalam memberikan pembelajaran dengan media yang baru.  Tentu ini memberikan tantangan dan kenikmatan yang membuat candu bagi guru. Jika guru bersemangat dengan media pembelajaran baru tentu ada hal “kebaharuan” yang akan diterima peserta didik.  Sesuatu yang baru pasti menimbulkan rasa keingintahuan yang lebih. 

Sesuai judul yaitu blog sebagai media pembelajaran, maka nara sumber menguraikan apa itu pengertian blog serta jenis-jenis.  Tak lupa   juga menampilkan kisah orang -orang yang sukses memanfaatkan blog sebagai media menulis. Di antara tokoh tersebut adalah Herman Yudiono dan Raditya Dika.  Untuk tokoh nomor satu ini saya baru mendemgarnya, sedangkan  Raditya Dika sudah saya ketahui lewat televisi utamanya dalam dunia stand up comedy dan film. 

Pak Dail mengutip pendapat Jhon Barger tahun 1998, blog berasal dari kata weblog bermakna website yang bersifat personal, yang memuat opini personal dan hal-hal lain untuk mengaktualisasikan diri dan mengabarkannya pada komunitas global.

Jenis – jenis blog yaitu blog pendidikan, blog sastra, blog pribadi, blog bertopik, blog kesehatan, blog politik, blog perjalanan, blog riset blog hukum,  blog media, blog agama, blog bisnis. Jenis-jenis blog menyesuaikan dengan tema atau isi yang dijadikan tema utamanya.

Media pembelajaran menurut Schramm  tahun 1977 diartikan sebagai sebuah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.

Manfaat Blog dalam pendidikan yaitu: 

  1. Sebagai rumah belajar dan berbagi. Blog ini digunakan untuk menyalurkan kreativitas dan kegemaran menulis.
  2. Meringankan tugas dan beban guru.  Isinya adalah materi pembelajaran, nilai peserta didik, dan juga tugas peserta didik
  3.  Meningkatkan minat peserta didik.  Mereka dapat melakukan blog walking sehingga KBM lebih menyenangkan
  4. Dapat diakses oleh siapa pun dari belahan dunia.
  5. Media silaturahmi

Lalu bagaimana keefektifan pemanfaatan blog terhadap keberhasilan pembelajaran peserta didik?  Pertanyaan ini dijawab dengan menyajikan hasil penelitian Pak Sartono dari Magelang, yang membuktikan adanya peningkatan nilai dari 55  menjadi 87. Lebih meyakinkan lagi dengan hasil penelitian Dokjay atau Omjay yaitu adanya peningkatan signifikan dalam prestasi peserta didik, blog dapat digunakan untuk semua mata pelajaran dan semua jenjang baik SD sampai PT, meningkatkan kemampuan menulis dan literasi siswa. 




Dari dua bukti tersebut, maka sudah tidak diragukan lagi tentang keefektifan blog sebagai media pembelajaran.   Mari kita gunakan blog sebagai alternatif media pembelajaran. 

Berikut ini contoh blog sebagai media pembelajaran:


Dalam sesi tanya jawab, pertanyaan yang paling sering ditanyakan (FAQ) adalah sebagai berikut:

  1.  Cara menjaga konsistensi menulis di blog
  2. Cara agar blog mendapat banyak kunjungan
  3. Cara membuat tulisan yang menarik
  4. Cara monetisasi blog
se  Secara umum dijawab bahwa semua membutuhkan proses untuk terus menulis, tabu untuk menilai diri sendiri, menyesuaikan dengan topik aktual seperti  contohnya sesuai musim, Se

Sedangkan yang beda adalah pemakaian blog di pesantren, karena di sana ponsel  dilarang. Disarankan dengan menggunakan laptop atau komputer.

Demikian resume kali ini, semoga mampu menjadi satu motivasi yang kuat untuk lebih mengoptimalkan pemanfaatan blog untuk hal yang positif khususnya sebagai media pembelajaran.

 Tabik.


12 komentar:

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan

Dari Penulis Menjadi Penerbit

  Judul                 :     Usaha Penerbitan Buku Resume ke       :      30 Gelombang       :      28 Tanggal            :      17 M...