Sabtu, 11 Februari 2023

Panduan Menyusun Buku Secara Sistematis

 



Judul                 :      Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis

Resume ke        :      15

Gelombang       :      28

Tanggal             :      10 Februari 2023

Tema                 :      Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis

Narasumber      :      Yulius Roma Patandean, S. Pd

Moderator         :      Arofiah Afifi, S. Pd         

Tak terasa sudah separuh perjalanan ditempuh dalam Kelas Belajar Menulis Nusantara angkatan 28.  Sebagai awam tentunya ini tidak mudah, selain ada beban untuk bisa menulis yang bagus terselip perasaan minder karena dipertemukan dengan para penulis yang sudah banyak menghasilkan karya tulisan. Sementara saya benar-benar dari nol.  Seperti jargon petugas pom bensin ketika kita mengisi bahan bakar minyak. Hanya modal tidak tahu malu saja, saya tetap setia mengikuti setiap sesi.

Melihat tema malam ini, cukup membuat otakku ini terusik.  Bagaimana tidak? Menyusun buku?  Sampai saat ini semua masih dalam angan- angan. Jauh dari bumi alias masih berupa khayalan.   Ini lah tema malam ini : Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis

Pak Yulius Roma Patandean, S. Pd seorang guru Bahasa Inggris di SMA N 5 Tana Toraja.  Guru Berprestasi Tingkat SMA tahun 2021 di Sulawesi Selatan dan ditambah raihan prestasi lain menambah bobot beliau sebagai nara sumber. Karya beliau antara “Guru Menulis Guru Berkarya”, “Digital Transformation: Generasi Muda Indonesia Menghadapi Transformasi Dunia”, “Antologi Menciptakan Pola Pembelajaran Efektif dari Rumah” dan masih banyak yang lain.

Sebenarnya, ada aplikasi yang bisa digunakan agar tulisan naskah buku itu bisa "sistematis". Semua bisa dicari di internet. Namun kali ini yang digunakan adalah Microsoft Word.  Selain gratis, juga sangat akrab bagi pengguna.

Pak Roma memberikan meminta peserta malam ini untuk mempraktekkan materi kali ini dari masing-masing.  Jika masih ragu-ragu, maka COBA-lah. Menulis, menyusun dan mengedit naskah buku tidak bisa menjadi ala bisa karena biasa semata tanpa ada per-COBA-an. Dengan mencoba, maka akan timbul rasa penasaran untuk menjalaninya.

“Percobaan mendorong teman-teman untuk berbuat lebih untuk menjawab rasa penasaran. Pertanyaannya, apakah sekedar selesai mencoba atau mau melanjutkan? Jika hendak melanjutkan, maka LAKUKAN dengan segera. Praktekkan sekaligus, biarkan mengalir bersama jari-jari mungil teman-teman. Melakukan proses lebih dalam menulis membutuhkan dorongan lebih pula. Tidak hanya dorongan untuk membuat tulisan, yang lebih utama adalah niat menghilangkan rasa penasaran di pikiran. Penasaran tentang apa yang akan saya tulis, susun dan terbitkan”.

Dengan melalui youtubenya Pak Roma memberikan panduan bagaimana menyusun penulisan yang sistematis. Mudah dan gamblang panduannya, sehingga pemula pun akan lancar mengikuti panduannya.  Ada pun link yaitu : https://youtu.be/eePQwyHAcjw


Pesan Pak Roma adalah bahwa  peserta harus yakin dengan kemampuan sendiri.  Pantang mundur dari program ini. Menulislah, tuliskan apa saja dan terbitkan bukumu. Jadilah bagian dari peradaban. Boleh miskin harta dan jabatan, tapi bersiaplah kaya ilmu, kaya teman dan menjadi sejarah lewat program menulis ini. Sekian dari saya. BONGI MELO LAKO KITA SOLA NASANG (Selamat malam buat kita semua). Demikian closing statement Pak Roma mengakhiri sesi kali ini.

 

 

 

 

 

 

 


1 komentar:

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan

Dari Penulis Menjadi Penerbit

  Judul                 :     Usaha Penerbitan Buku Resume ke       :      30 Gelombang       :      28 Tanggal            :      17 M...