Jumat, 17 Februari 2023

Senam Massal Menyehatkan Jiwa dan Raga

 

Senam Massal


SDN Serdang 01 Pagi dan SDN Serdang 03.  Dengan hidup berdampingan kami memiliki berbagai kesamaan dan penuh dengan semangat persaudaraan.  Namun tidak menutupi, bahwa ada rivalitas dalam hal  positif. Misalnya dalam perlombaan dan kejuaraan di gugus. Hal yang lumrah terjadi.

Karena mempunyai lapangan olahraga bersama, maka kami menyusun jadwal pemakaian lapangan.  Untuk kegiatan yang memerlukan seluruh lapangan kami bergantian. Contohnya ketika ekstrakurikuler karate sekolah saya SDN Serdang 01 Pagi memperoleh jadwal Senin dari pukul 15.00-17.00 WIB. Sedangkan SDN Serdang 03 hari Kamis dengan jam yang sama. Jadwal senam kami adalah hari Kamis dari pukul 06.30 -07.30 dan SDN Serdang 03 hari Jum’at pasca sholat Dhuha berjama’ah yaitu pukul 07.30- 09.00 WIB.Sedangkan untuk olahraga sehari-hari kami berbagi tempat secara adil.



Kegiatan senam massal kami cukup berbeda karena kami memberikan kesempatan kepada siswa yang sudah mahir untuk tampil di panggung guna memimpin senam massal.  Cara ini digunakan agar anak-anak bersemangat dalam senam, karena Bapak dan Ibu gurunya berkesempatan untuk mengawasi dan menegur anak-anak yang senamnya tidak semangat. Di sisi lain, memberikan ajang tampil sebagai sarana untuk latihan percaya diri ketika di depan umum.

Senam utama kami adalah senam PGRI yang dipimpin guru olahraga. Karena ada dua orang guru olahraga, maka mereka bergiliran untuk tampil di panggung. Kali ini giliran Pak Robi yang bertugas memimpin senam.   Setelah senam PGRI, kami melakukan senam Poco-Poco yang dipimpin oleh ananda Arshavina dari kelas 6B.  Dengan gerakan yang luwes dan lancar Shavin, nama panggilannya, memandu senam Poco-Poco. 

Senam ketiga yaitu senam Maumere.  Kali ini dipandu oleh Farah dari kelas 5C. walaupun kecil badannya, namun gerakan senamnya sangat lincah dan luwes.  Tidak terlihat rasa canggung atau gugup. 



Senam keempat adalah senam kreasi, nah untuk senam kreasi ini sering kali anak kelas satu berlomba-lomba untuk maju. Mereka senang membawakan senam dengan diiringi lagu Aiya Susanti. Lucunya mereka sampai berebut untuk tampil di panggung.

Tetapi kami memberikan kesempatan yang adil kepada seluruh kelas untuk bergiliran tampil dalam senam kreasi ini. Tentu dengan lagu yang telah diseleksi agar tidak menggunakan lagu yang tidak cocok syairnya untuk anak-anak.  Kadang senam Pinguin, kadang senam Kewer-Kewer masih dapat diterima.

Selama kurang lebih 30 menit kami senam massal. Dalam waktu tersebut, tak terasa keringat mengalir deras di sekujur tubuh. Tubuh terasa enak dan nyaman. Lelah memang tetapi hati jadi senang.  Maka tak salah kalau ada ungkapan mens sana in corpore sano yang artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat.

Manfaat utama senam adalah sebagai rekreasi murah meriah. Bahkan siswa kadang kami ajak untuk teriak saat di senam, untuk meluapkan segala perasaan yang ada. Sebagai katarsis dalam istilah dramanya.



Dan biasanya sesudah senam, ada pengumuman bagi siswa berprestasi. Misalnya juara lomba senam, karate, futsal, atau Kompetisi Sains Nasional. Makanya kami menyebutnya Kamis prestasi.  Akan tetapi jika tidak ada prestasi kami mengubah dengan kegiatan operasi semut di  sekitar halaman sekolah serta taman belakang sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan

Dari Penulis Menjadi Penerbit

  Judul                 :     Usaha Penerbitan Buku Resume ke       :      30 Gelombang       :      28 Tanggal            :      17 M...