Sabtu, 04 Februari 2023

Jangan Lewatkan Proofreading Sebelum Menerbitkan Tulisan


 

Judul                 :      Jangan Lewatkan Proofreading Sebelum Penerbitan Buku

Resume ke        :      12

Gelombang       :      28

Tanggal             :      3 Februari 2023

Tema                 :      Proofreading Sebelum Menerbitkan Tulisan

Narasumber      :      Susanto, S. Pd

Moderator         :      Helwiyah, S. Pd, M.M

 

Jum’at malam ini terpaksa saya dan keluarga harus ke Yogyakarta dikarenakan ada berita duka. Karena mendadak tentu banyak tugas yang tertinggal, antara lain tugas di grup Februari Ceria dan di KBMN sesi ke 12 malam ini. Sebetulnya semua berjalan lancar dan mempersiapkan untuk menulis tugas. Mencontoh Prof. Ngainun yang pagi-pagi membuat sebuah paragraf untuk nanti diteruskan saat sudah santai. Manusia merencanakan Allah berkehendak lain.

Menyempatkan sedikit waktu yang ada, saya mencoba membuka grup WA KBMN utnuk membuat resume. Berbagai perasaan bercampur aduk saat itu. Sedih, kuatir, was-was silih berganti bermain di benakku.  Bismillah, kucoba menenangkan diri sambil berharap bisa mengirimkan tugas pokok dengan baik.


Kupanjat satu persatu dari ratusan pesan yang masuk agar apa yang semalam saya simak bisa hadir kembali di benakku yang sedang dilanda kekalutan. Tarik nafas yang dalam untuk menenangkan diri lalu mencoba mencerna kembali isi materi kali ini.

Moderator kali adalah Ibu Helwiyah,S.Pd, MM alumni KBMN angkatan 20 mengantarkan materi agar kita tetap menuangkan gagsaan atau apapun itu ke dalam tulisan. Sedangkan tokoh utama kali ini adalah Pak Susanto, S. Pd atau disapa Pak Dsus. Narasumber kelahiran Gombong namun mengabdikan di daerah Musi Rawas dari sejak guru pemula hingga kepala sekolah di tiga SD yang berbeda akan menyajikan materi dengan tema “Proofreading Sebelum Menerbitkan Tulisan”.

Beliau menampilkan pengertian dari proofreading  yaitu proses peninjauan kembali sebuah teks dilihat dari aspek kebahasaan dan penulisannya.  

Selesai menulis tidak langsung diterbitkan di blog, endapkan saja dulu untuk dibaca ulang atau meminta seorang proofreader untuk masukan.  Google doc dapat memperbaiki typo. Lakukan proofreading di akhir tulisan agar menghindari terhentinya tulisan kita.  

Selanjutnya narasumber yang merupakan alumni KMBN 15 ini memberikan tips dalam melakukan proofreading yaitu :

  1.  Perhatikan detail 
           Proofreading adalah membaca setiap huruf, setiap tanda baca, dan setiap spasi.
  2.  Membaca dengan lantang
    Mendengar kata-kata akan membantu kesalahan yang tidak terlihat mata anda
  3. Baca perlahan 
    Tulisan nonfiksi yang padat akan bersifat teknis akan membutuhkan koreksi yang lebih lama
  4. Beristirahat dan berbaik hati pada diri sendiri
    Proofreading membutuhkan waktu yang intens dan sulit untuk mempertahankan fokus dalam jangka waktu lama

Alat yang digunakan untuk proofreading adalah Keputusan Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek Nomor 0424/I/BS.00.01/2022 tentang Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan.  Dengan beberapa perubahan untuk penulisan sifat Tuhan. Penulisannya semua dipisah  dan diawali dengan huruf kapital, baik kata dasar maupun berimbuhan.

Proofreading berbeda dengan editing. Proofreading adalah proses peninjauan kembali sebuah teks dilihat dari aspek kebahasaan dan penulisannya. Tujuannya adalah guna mengecek kembali bahwa teks atau esai yang akan diserahkan sudah bebas dari kesalahan pengetikan (typo), kesalahan ejaan, kesalahan grammar, atau kesalahan-kesalahan mendasar lainnya. Sedangkan editing memeriksa lebih dari itu. Untuk penerbit Mayor, semoga saya tidak salah, Editor menyesuaikan dengan misi perusahaan penerbitan, standar tulisan. Proofreader melakukan uji baca pada tulisan.

Materi yang baru bagi saya namun terasa mudah dicerna. Terima kasih Pak Susanto dan Bu Helwiyah atas sesi kali ini.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan

Dari Penulis Menjadi Penerbit

  Judul                 :     Usaha Penerbitan Buku Resume ke       :      30 Gelombang       :      28 Tanggal            :      17 M...